Total Tayangan Halaman

Selasa, 26 Oktober 2010

dr.Aminuddin: Pendapatan RSUD Tahun 2010 Rp 5 M

BAUBAU-SULTRA,BP -- Pihak manajemen RSUD Baubau berjanji memaksimalkan pendapatan rumah sakit dari sektor pengelolaan dan penjualan obat-obatan. Direktur RSUD dr Aminuddin Aumane SPa mengakui 60 persen pendapatan rumah sakit sesungguhnya disumbang dari sektor penjualan obat-obatan.

"Hingga sekarang pengelolaan apotek di RSUD dimanfaatkan maksimal Apotek Kimia Farma (KF). Alasannya karena pada masa lalu, pengadaan obat-obatan di RSUD lama diproyekan, sehingga selalu terjadi kekurangan stok obat," ujar Aminuddin, dihadapan anggota DPRD Baubau, ketika membahas Raperda pelaksanaan APBD 2010, Sabtu (2/10)


Selain itu, katanya, tenaga apoteker dan asisten apoteker waktu itu masih terbatas, sehingga Pemkot mau tidak mau harus melakukan MoU dengan KF agar pelayanan obat-obatan di instalasi farmasi dan apotek bisa optimal.


"Tapi sekarang masalah itu sudah bisa kami atasi, karena tenaga apoteker dan asisten apoteker sudah memadai. Jadi saya setuju kalau kerjasama operasional (KSO) dengan pihak KF tidak dilanjutkan mulai 2011. Sebab selama ini RSUD hanya menerima pembagian hasil usaha dari pihak KF Rp 90-100 juta per tahun, padahal penghasilannya bisa menjapai miliar dalam setahun," janjinya.


Aminuddin menyebutkan penghasilan RSUD dari tahun ketahun terus menunjukan peningkatan. Di tahun 2010, dia optimis RSUD bisa membukukan penghasilan pada kisaran Rp 5 milyar. Jika tahun 2011 apotek sudah bisa dikelola sepenuhnya pihak RSUD, Aminuddin yakin 60 persen penghasilan RSUD disumbang dari penjualan obat-obatan.


Anggota DPRD Abdul Munafi yang mempertanyakan kontribusi yang diberikan pihak Kimia Farma yang dinilai cukup kecil pada RSUD, setuju jika pihak RSUD segera mempertimbangkan untuk tidak melanjutkan KSO dengan pihak KF. Menurutnya, beberapa daerah juga mela kukan hal yang sama yaitu memutuskan tidak lagi melanjutkan kerjasama dengan pihak KF.


"Kalau memang ternyata SDM sudah siap dan bisa menyumbangkan PAD bagi daerah, kerjasama dengan KF dan pihak ke III lainnya baiknya diputuskan," terang Munafi (ard)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar